Jalan-jalan Minggu Pagi Bersama Keluarga ke South Bank di Brisbane

Beberapa tahun yang lalu kami sekeluarga melakukan perjalanan liburan ke Australia, khususnya ke Brisbane. Karena kami pergi bersama 2 anak perempuan yang masih kecil, sebelum jalan-jalan sudah harus dipelajari dulu tujuan-tujuan wisata yang cocok buat anak kecil. Kami sudah membuat daftar di mana tempat-tempat yang menarik, seru, mendidik, namun tidak terlalu melelahkan. Dan, tentu juga yang mudah untuk mencari makanan serta minuman yang cocok buat anak-anak. Salah satu pilihan dalam daftar kami adalah daerah South Bank.

South Bank merupakan area berupa pusat hiburan, budaya dan pendidikan, yang terletak di sebelah selatan Sungai Brisbane. Di area ini terdapat South Bank Parklands yang berisi aneka hiburan serta permainan untuk keluarga. Dari arah pusat kota Brisbane, jika kita melihat ke seberang Sungai Brisbane, akan terlihat kincir yang sangat besar, yang disebut Wheel of Brisbane. Nah, di situlah letak area South Bank Parklands. Dan karena parklands ini sifatnya seperti taman umum, maka untuk masuk ke area ini tidak dipungut bayaran.

Kami memutuskan untuk jalan-jalan ke South pada hari Minggu pagi. Alasannya adalah kami ingin merasakan suasana liburan akhir minggu penduduk lokal di Brisbane. South Bank merupakan salah satu tujuan santai akhir minggu di Brisbane, baik untuk liburan keluarga, kumpul bersama teman, ataupun untuk mencari makan dan belanja. Jadi, yuk kita mulai jalan-jalannya.

Bagaimana cara menuju South Bank? Sebenarnya sangat mudah. Kita tinggal jalan kaki mengarah ke sana. Dari Queen Street Mall, kita menuju ke arah Sungai Brisbane, lalu menyeberangi Victoria Bridge yang bersejarah, langsung sudah sampai di area South Bank. Namun, karena kami membawa 2 krucil dan kuatir mereka akan terlalu capek, kami memutuskan untuk naik kereta dari Central Station, dan turun di stasiun South Bank.

Begitu sampai South Bank, pertama yang kita lihat adalah gedung yang sangat besar dan unik. Gedung ini bernama GOMA, alias Gallery of Modern Art. Di sini dipamerkan aneka karya seni kontemporer, termasuk hasil-hasil karya Pop Art yang sudah mendunia, seperti Warhol. Namun, karena kami tidak ada rencana untuk melihat art gallery, dan karena kebetulan kami membawa anak-anak kecil dan  kami kuatir ribet, jadilah kami hanya foto-foto di area lobi depannya. Untuk yang pergi ke sana tanpa anak-anak, ataupun bersama keluarga dengan anak yang sudah besar, disarankan untuk mengunjungi galeri ini. Menurut review, karya-karya seni yang dipamerkan di galeri seni ini cukup lengkap serta mengagumkan.

Menuju ke arah Parklands, keseruan berikutnya yang kami temukan adalah pasar yang disebut dengan nama South Bank Collective Markets. Pasar ini hanya diadakan pada akhir minggu, dimulai dari Jumat petang sampai Minggu petang. Di sini dijual dari aneka jenis kerajinan tangan lokal, baju, pernak-pernik, asesoris, sampai makanan dan minuman lokal. Untuk membeli makanan di sini, jika kita mencari yang halal, mungkin kita harus lebih berhati-hati. Yang jelas, karena kami pergi dengan 2 putri cantik ini, berakhir dengan membeli aneka jenis pernak-pernik yang lucu dan unik.

Selesai keliling di area pasar, kami melanjutkan perjalanan dan masuk ke area Parklands, melalui yang namanya the Arbour. The Arbour ini berupa pergola yang sangat cantik, diatur sedemikan rupa sehingga tampak sangat artistik, dan dihias tanaman bunga-bunga sehingga sangat indah. Untuk yang suka foto-foto, pasti akan bisa menghabiskan waktu lama di area pergola ini saja.

Area pertama yang kami temukan adalah playground. Di sini tersedia banyak sekali permainan anak-anak. Jadi kami cukup lama di area ini, sambil mengawasi anak-anak yang asik berkeliling mencoba segala permainan. Di area ini terdapat pula fasilitas untuk barbeque. Banyak orang-orang lokal yang memanfaatkan area ini untuk berkumpul dan mengadakan barbeque besama teman ataupun keluarga.

Berikutnya adalah area yang sangat terkenal di South Bank ini, yaitu Street Beach. Area ini dibentuk seperti pantai, sehingga di sini bisa ditemukan pasir putih serta pohon-pohon kelapa. Di sini, kita bisa berenang di kolam yang terasa seperti renang di laut, ataupun hanya duduk santai di tepi “pantai”. Bagi yang membawa anak-anak, jika akan berkunjung ke sini, disarankan sangat untuk membawa handuk dan baju ganti selayaknya mau pergi renang. Karena akan-anak tidak mungkin mau hanya duduk dan menikmati pemandangan saja di sini. Mereka pasti akan tidak sabar untuk menikmati main air di sini. Andaikan terpikirkan oleh kami untuk membawa tikar, maka kami bisa duduk di tikar sambil makan dan mengawasi anak-anak main di “laut’. Berasa seperti di pantai Ancol khan hahaha.

Setelah lelah main air, saatnya mencari tempat untuk duduk santai sambil menikmati pemandangan Sungai Brisbane yang indah dan tenang. Di area South Bank ini terdapat tempat makan bernama Cafe Lagoona’s, yang terletak tepat di pinggir sungai. Mereka menyediakan aneka jenis makanan barat, kue, serta kopi. Karena tempat makan ini bukan termasuk yang direkomendasikan sebagai halal, kami memutuskan untuk ngopi-ngopi saja di sini. Benar-benar suasana di sini membuat tidak ingin pulang rasanya.

Di dekat cafe itu terlihat ada dok untuk tempat pemberhentian City Cat. City Cat merupakan transportasi air berupa feri, yang dapat mengantarkan kita ke tempat tujuan melalui Sungai Brisbane. Jadi semacam bis, namun di air. Jika ingin keliling kota Brisbane sambil menyusuri sungai, dapat mencoba untuk naik City Cat ini. Sangat menyenangkan, dan juga tidak mahal.

Jalan-jalan, sudah. Belanja, sudah. Bermain dan berenang, sudah. Santai sambil ngopi juga sudah. Anak-anak juga tampak sangat menikmati jalan-jalan hari ini. Sekarang saatnya kami kembali ke hotel, karena anak-anak tampaknya sudah lelah sekali dan sudah saatnya untuk tidur siang. Sampai jumpa di perjalanan berikutnya. (rd)

  • Artikel kiriman dari kontributor.
  • Mau share juga pengalaman kamu jalan-jalan di Australia? Kirim saja email ke kami: info@ostrali.com.

Leave a Reply

Related

Pintu masuk Taronga Zoo Bila kita mendengar nama Australia, pastinya langsung terpikir hewan-hewan asli Australia…

Read more

Mau share info wisata di Australia?

About

Ostrali.com merupakan website informasi serta berbagi pengalaman wisata di Australia.

Kata Ostrali sendiri merupakan bahasa pengucapan kata Australia bagi orang Indonesia. Ostrali.com; website tentang Australia khusus untuk orang Indonesia.

Navigation