Kuliah di Australia: Hal-Hal yang Perlu Diketahui dan Dipertimbangkan

Kuliah di Australia: Hal-Hal yang Perlu Diketahui dan Dipertimbangkan

Alasan Kuliah di Australia

Jika kamu ingin kuliah di Australia, penting untuk memahami mengapa begitu banyak siswa internasional berkumpul di sana setiap tahun. Setiap tahun, negara ini menarik ratusan ribu siswa dari seluruh dunia untuk kuliah di Australia.

Kuliah di Australia: Hal-Hal yang Perlu Diketahui dan Dipertimbangkan
Kuliah di Australia. Sumber: canva

Mereka yang kuliah di Australia berasal dari berbagai negara, latar belakang, dan budaya. Dan banyak yang berniat tinggal di Australia setelah lulus, atau berencana pindah ke sana di masa mendatang.

Selain itu, negara indah Australia adalah rumah bagi sejumlah universitas, banyak di antaranya memiliki sejarah yang sudah berlangsung lebih dari seratus tahun. Faktanya, University of Sydney adalah universitas pertama di Australia, sejak tahun 1850.

Berikutnya, pelajar yang ingin belajar di luar negeri juga harus memikirkan faktor ekonomi dan budaya, sambil juga mempertimbangkan keuntungan belajar dan kuliah di Australia.

Sebagai permulaan, biaya studi kuliah di Australia jauh lebih rendah daripada di AS. Namun, bukan berarti universitas Australia kalah prestisius. University of Sydney, misalnya, berada di peringkat 3 universitas terbaik terbaik di dunia.

Selain itu, berada di Australia akan memungkinkan siswa merasakan Great Barrier Reef, mengunjungi Sydney Opera House, dan menikmati perjalanan di sepanjang Great Ocean Road.

Sistem Pendidikan di Australia dan Siswa Internasional (International Students)

Kuliah di Australia: Hal-Hal yang Perlu Diketahui dan Dipertimbangkan
Sumber: canva

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah sistem pendidikan Australia dibagi menjadi dua sektor utama: sektor publik dan swasta.

Sektor pendidikan umum terdiri dari sekolah-sekolah publik dan pemerintah dan setiap departemen pendidikan negara bagian menetapkan kurikulum dan menentukan standar untuk setiap tingkat sekolah.

Sektor pendidikan swasta termasuk sekolah Katolik, sekolah independen, dan sekolah non-pemerintah lainnya, dan sekolah-sekolah ini menetapkan kurikulum dan standarnya sendiri.

Kedua sektor tersebut tidak saling eksklusif: siswa dapat mendaftar di sekolah negeri dan swasta.

Ketika kuliah di Australia, siswa memiliki banyak pilihan: memilih bidang studi yang sempit atau luas, kota tertentu atau seluruh negara bagian, perguruan tinggi negeri atau swasta, kursus singkat atau gelar… daftarnya terus berlanjut di. Tetapi banyak siswa tidak mengetahui kursus apa yang sebenarnya untuk dipelajari oleh siswa internasional di Australia.

Inilah mengapa kami melanjutkan dan menyusun daftar program studi paling populer bagi siswa internasional untuk kuliah di Australia.

10 Program Studi Paling Populer bagi Siswa Internasional untuk Kuliah di Australia

Kuliah di Australia: Hal-Hal yang Perlu Diketahui dan Dipertimbangkan
Sumber: canva

Program studi di Australia tersedia untuk program sarjana, pascasarjana, pascasarjana serta diploma dan sertifikat. Program studi tersebut tersedia dari berbagai institusi pendidikan seperti universitas, perguruan tinggi, TAFE, pendidikan dan pelatihan kejuruan, pendidikan orang dewasa, dll. Siswa dapat belajar di Australia dengan berbagai jenis visa tergantung pada persyaratan mereka.

1. Akuntansi (Accountancy)

2. Ilmu Aktuaria (Actuarial Science)

3. Ilmu Pertanian (Agricultural sciences)

  • Dalam program ini termasuk kehutanan, pertanian, peternakan, dan agronomis.

4. Arsitektur (Architecture)

5. Teknik Biomedis (Biomedical engineering)

  • Program ini merupakan persimpangan antara engineering, healthcare, biologi, dan kedokteran. Bidang ini menggunakan prinsip engineering dan berbasis ilmu pengetahuan untuk menciptakan sistem, alat, dan perlengkapan yang dapat menjadi solusi dalam hal kesehatan manusia.

6. Engineering Inti (Core engineering)

  • Termasuk dalam program ini adalah chemical engineers (teknik kimia), electrical engineers (teknik elektro), electronic and communication engineers (teknik telekomunikasi), and mechanical and industrial engineers (teknik mesin dan industri).

7. Ilmu Kebumian (Earth sciences)

  • Termasuk dalam program ini adalah pertambangan, metalurgi, perminyakan, geologi dan gas.

8. Ilmu Komputer dan Informasi Teknologi (Computer science and information technology)

9. Psikologi (Psychology)

10. Manajemen Pariwisata dan Perhotelan ( Tourism and hospitality management)

Biaya untuk Kuliah di Australia

Kuliah di Australia: Hal-Hal yang Perlu Diketahui dan Dipertimbangkan
Sumber: canva

Biaya Kuliah

Universitas Australia mengenakan biaya sekolah yang tinggi kepada siswa internasional dibandingkan dengan biaya sekolah yang dibayarkan oleh siswa lokal yang terdaftar di kursus yang sama. Biaya belajar di Australia tidak sama untuk semua universitas. Banyak hal tergantung pada universitas mana yang kamu pilih dan jurusan apa yang kamu ambil. Kamu sebaiknya memeriksa biaya belajar di setiap universitas daripada biaya belajar di Australia pada umumnya.

Sebagai perkiraan, berikut biaya kuliah rata-rata untuk kuliah di Australia tahun 2020/2021:

  • Sekolah: $ 7.800 hingga $ 30.000 setiap tahun
  • Studi bahasa Inggris: $ 300 / minggu (bervariasi sesuai panjang kursus)
  • Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan (Sertifikat I hingga IV, Diploma dan Diploma Lanjutan): $ 4000 – $ 22.000 setiap tahun
  • Gelar Sarjana Sarjana: $ 15.000 – $ 33.000 setiap tahun
  • Gelar Magister Pascasarjana: $ 20.000 – $ 37.000 setiap tahun
  • Gelar Doktor: $ 14.000 – $ 37.000 setiap tahun

Sumber :http://www.studyinaustralia.gov.au/

Biaya Visa Pelajar

Biaya pengurusan visa pelajar Australia adalah sekitar AUD575.

Untuk informasi lebih lengkap, dapat cek di sini: Visa Pelajar Australia: Untuk Apa dan Bagaimana Pengurusannya.

Biaya Hidup

Sebagai perkiraan, anggaran biaya hidup siswa internasional untuk kuliah di Australia adalah sekitar AUD 200-400 per minggu (di luar akomodasi). Berikut rincian biayanya:

  • Biaya Akomodasi
    • Biaya akomodasi sangat tergantung pilihan jenis akomodasi yang diambil serta lokasi akomodasi
    • Pilihan akomodasi: asrama, homestay, kamar, flat/unit, dan studio
  • Biaya Komunikasi
  • Biaya Makan
  • Biaya Buku dan Persediaan
  • Pengeluaran Pribadi

Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Kuliah di Australia

Kuliah di Australia: Hal-Hal yang Perlu Diketahui dan Dipertimbangkan
Sumber: canva

Opsi Bantuan Finansial

Biaya kuliah di Australia termasuk mahal. Belom lagi biaya untuk akomodasi, makan, dan lain-lain.

Sebenarnya ada opsi untuk bantuan finansial, jika kita eligible. Bantuan tersebut akan sangat membantu untuk biaya kuliah di sana. Tidak usah gengsi, dan pertimbangkan untuk mendaftar beasiswa, pinjaman, atau bantuan finansial, yang disediakan khusus untuk siswa internasional.

Dilema Belajar

Jangan heran jika cara belajar di Australia berbeda dengan cara belajar kamu di negeri sendiri. Beberapa hal lebih ketat, namun beberapa hal lagi lebih mudah.

Orang Australia memiliki kebiasaan untuk bertukar catatan dan petunjuk belajar, terutama untuk membantu siswa baru. Jika mengalami kesulitan, jangan ragu untuk meminta bantuan dari siswa terdahulu yang sudah lulus mata kuliah tersebut.

Gaya Hidup dan Budaya

Orang Australia cenderung lebih informal dan santai dibanding dengan orang Indonesia. Apalagi jika dibandingkan dengan orang Jakarta. Mereka juga tergolong sangat ramah dan siap membantu.

Jangan kaget jika kamu akan bertemu orang Australia yang jalan kemana-mana dengan baju santai. Dan jangan bingung jika kamu disapa oleh orang lokal dengan tersenyum ramah.

Musim yang Terbalik

Berbeda dengan sebagian besar negara di dunia, musim di Australia terjadi pada bulan-bulan yang berkebalikan. Hal tersebut karena letak Australia yang di belahan bumi Selatan.

Musim dingin di Australia terjadi pada pertengahan tahun, sekitar bulan Juli dan Agustus, Sedangkan akhir tahun merupakan musim panas di Australia.

Transportasi Umum

Sistem transportasi umum di Australia sangatlah baik. Kita dapat pergi kemana-mana dengan menggunakan bus, kereta, light rail, dan feri.

Pada umumnya setiap kota memiliki tiket konsesi khusus untuk pelajar. Pastikan untuk mencari informasi dan membeli tiket konsesi ini, supaya biaya menjadi jauh lebih hemat.

Sistem Penilaian yang Berbeda

Australia memiliki sistem penilaian yang berbeda dengan negara lain. Jangan kaget jika kamu mendapat nilai D, karena D itu berarti baik.

HD artinya high distinction, D untuk distinction, dan keduanya merupakan nilai terbaik yang dapat kamu terima. Cr artinya credit, P untuk pass and F untuk fail.

Opsi Bekerja dan Belajar

Kamu dapat bekerja part-time pada saat belajar dan kuliah di Australia. Hal tersebut dapat membantu biaya hidup. Namun pastikan jangan sampai pekerjaan tersebut mengganggu kuliah.

Upah minimun di Australia adalah A$17.70 per jam. Biasanya siswa internasional dapat dengan mudah mencari pekerjaan sebagai tutor, di toko, di restoran, dan di bidang pariwisata.

Komen

    Artikel

    Leave a Reply

    Related

    Liburan ke Rottnest Island, Pulau Wisata di Perth

    Rottnest Island merupakan pulau berpantai indah yang menjadi destinasi wisata populer di Australia Barat. Negara…

    Read more
    Great Ocean Road: Destinasi Wisata di Melbourne yang Ikonik

    Mengenal Great Ocean Road, Destinasi Wisata di Melbourne Great Ocean Road merupakan salah satu jalur perjalanan…

    Read more
    What I love about Sydney Fish Market

    Sebagai mahasiswa di kota Sydney, tentunya saya sudah banyak berkeliling ke berbagai tempat dan objek wisata di…

    Read more

    Mau share info wisata di Australia?

    About

    Ostrali.com merupakan website informasi serta berbagi pengalaman wisata di Australia.

    Kata Ostrali sendiri merupakan bahasa pengucapan kata Australia bagi orang Indonesia. Ostrali.com; website tentang Australia khusus untuk orang Indonesia.