10 Makanan Khas Melbourne yang Ikonik dan Populer

Berkunjung ke Melbourne? Jangan lupa untuk mencicip beberapa jenis makanan yang paling ikonik di Melbourne.

Di Melbourne terdapat berbagai jenis orang, baik penduduk kota Melbourne, pendatang, students, ataupun turis. Hampir semua budaya pun ada di kota ini. Hal ini menyebabkan makanan khas Melbourne yang paling populer pun sangat beragam, mulai dari makanan khas Australia, minuman kopi, sampai makanan dengan pengaruh budaya Itali, Timur Tengah, Asia, dan masih banyak lagi.

Apa saja sih jenis-jenis makanan khas Melbourne yang ikonik dan paling populer? Mari kita lihat!

1. Lamb Roast

lamb roast makanan khas melbourne
Lamb roast. Sumber: canva

Australia memang negara pemelihara domba sejak jaman kolonial Inggris. Jadi daging domba tidaklah mahal, dan merupakan jenis makanan yang hampir pasti ada di setiap rumah maupun menu tempat makan lainnya. Sunday roast, dengan daging kaki lamb panggang, kentang, kacang polong dan gravy, sudah merupakan makanan khas Melbourne yang juga merupakan hal yang ikonik bagi orang Australia. Bahkan, Sunday roast, atau lamb roast, pada umumnya ada di daftar menu, mulai dari menu pub sampai menu di restoran mahal.

2. Magic Coffee

magic coffee melbourne
The Magic Coffee. Sumber: canva

Minuman coffee yang paling ikonik bukanlah cappucino, atau flat white, atau pastinya bukan americano. Coffee paling legendaris dan khas Melbourne adalah campuran unik yang disebut Magic.

Magic merupakan coffee khas Melbourne yang unik, yang dibuat dari double ristretto dengan tiga-perempat bagian jumlah susu di flat white. Biasanya ada beberapa variasi dari barista yang berbeda, namun resep utamanya adalah seperti di atas. Semua coffee shop di Melbourne bisa membuatkan Magic coffee ini. Jika ingin mencoba Magic ini, tinggal pesan saja langsung. Semua barista di Melbourne bisa membuatkannya.

3. Meat Pie

aussie meat pie melbourne
Aneka jenis Meat Pies. Credit: canva

Aussie Meat Pies adalah salah satu jenis makanan yang sangat banyak ditemukan di mana saja. Bukan hanya termasuk makanan khas Melbourne, tapi meat pies merupakan makanan ikonik khas Australia. Jadi kalau mau cicip, tidak perlu pusing mencarinya. Makanan ini ada di toko roti, supermarket, toko makanan kecil, sampai bahkan menjadi salah satu menu di restoran. 

4. Hot Jam Donuts

hot jam donuts melbourne
Hot Jam Donuts. Sumber: canva

Hot Jam Donuts adalah makanan khas Australia yang berasal dari Melbourne. Bahkan makanan ini dikenal dengan sebutan Melbourner. Tidak seperti donut-donut lainnya, jenis donut ini bentuknya bulat seperti bola tenis dengan isian selai, dan selalu disajikan dalam kondisi panas langsung dari penggorengan. Biasanya donut ini dibeli dari jendela food truck di Queen Victoria Market. 

5. Cruffin

Sesuai namanya, jenis makanan ini jelas hasil perkawinan silang dari croissant dan muffin. Jadi makanan ini berbentuk muffin, namun terbuat dari adonan croissant, dan biasanya dengan isian pastry cream, peanut butter, cream dan strawberries, chocolate, salted caramel, dan masih banyak lagi.

Versi asli dari cruffin ini ada di Lune Croissanterie. Namun ada beberapa toko kue lain yang juga menjual jenis makanan ini.

6. Dim Sim

Dim sim berupa dumplings yang digoreng atau dikukus, dengan isian pork atau daging lain, kol, serta perasa lainnya.. Walaupun terinspirasi dari dumpling makanan Cina, makanan versi Australia ini lebih besar dan tebal dari dumpling versi aslinya.

Dim Sim ini sekarang banyak versi frozen dan pabrikan, sehingga dapat dibeli di mana saja, dari supermarket sampai pom bensin. 

7. Vegemite

vegemite melbourne
Vegemite on Toast. Credit: canva

Di kota manapun di Australia, jika kita intip menu sarapan penduduk Australia, kemungkinan besar yang ada adalah Vegemite on Toast. Dan tentu tidak terkecuali dengan Melbourne.

Vegemite berbentuk pasta warna coklat tua, yang terbuat dari tumbuhan, ragi serta bumbu-bumbu lain. Walaupun Vegemite merupakan jenis makanan yang sulit untuk disukai (kecuali orang Australia), tidak bisa dipungkiri olesan ini merupakan salah satu makanan khas yang paling ikonik. Paling umum Vegemite ini dibuat olesan roti tawar untuk sarapan. 

8. Chicken Parma

10 Makanan Khas Melbourne yang Ikonik dan Populer
Chicken Parmigiana. Sumber: canva

Chicken Parmigiana, atau disingkat menjadi Chicken Parma, atau disingkat lagi dengan nama akrab Parmy, merupakan makanan paling umum di Australia, termasuk Melbourne. Makanan ini sangat populer dan disajikan di hampir semua pub di Melbourne.

Parmy ini mirip seperti chicken schnitzel (ayam dibalut dengan tepung roti atau bread crumbs), namun di atasnya diberi topping saos tomat serta keju leleh. 

9. Avocado Toast

avocado toast melbourne
Avocado toast. Sumber: canva

Orang Australia sangat menyukai alpukat, dan memiliki panggilan akrab “Avo”. Mereka bisa makan alpukat setiap hari, termasuk untuk sarapan.

Avocado on toast, atau disebut juga sebagai “avo on toast” atau “smashed avo,” versi dasarnya kira-kira adalah alpukat, garam, perasan lemon, lada, dan kadang feta. Namun biasanya tiap cafe akan menambahkan sentuhan khasnya, mulai dari telur, haloumi, sampai nori.

10. Halal Snack Pack (HSP)

taco on box
Halal Snack Pack. Credit: unsplash.com

Halal Snack Pack, atau disebut HSP, terkenal sejak 2016. Mulai populer di Sydney, sekarang HSP ini juga sangat legendaris di Melbourne, bahkan di kalangan bukan Muslim.

Halal Snack Pack (HSP) terdiri dari doner kebab (lamb/ayam/daging), kentang goreng, dengan aneka jenis saus khas masing-masing restoran penyedianya, dan kadang ada tambahan keju. Harganya cukup hemat. Dan biasanya outlet penjual kebab bisa buka hampir 24 jam.

Selain mencoba aneka jenis makanan khas Melbourne, jangan lupa untuk ngopi2. Karena kualitas serta budaya coffee di Melbourne sudah sangat terkenal. Cek di sini (30 Cafe Melbourne: Tempat Menarik untuk Ngopi yang Trendi dan Instagrammable)